PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR BOGA DASAR SMK N 3 TEBING TINGGI
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL)) pada pelajaran Boga Dasar ; (2) Hasil belajar siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Mata Pelajaran Boga dasar ; (3) Pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar Boga dasar. Teknik pengambilan sampel secara Total Sampling dengan jumlah 60 orang. Kelas X1 berjumlah 30 orang dan kelas X2 yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan teknik analisis data menggunakan deskripsi data, uji kecenderungan, uji normalitas menggunakan rumus chi kuadrat, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Mata Pelajaran Boga Dasar termasuk kategori cenderung tinggi sebesar 60 persen dan tingkat kecenderungan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Mata Pelajaran Boga dasar termasuk kategori cenderung cukup sebesar 83 persen. Hasil uji normalitas dari kedua kelas adalah berdistribusi normal pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Conetextual Teaching and Learning dengan nilai (Xhitung = 4,80 < Xtabel = 11,07), dan kelas yang tidak menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning yaitu (Xhitung = 3,86 < Xtabel = 11,07). Untuk hasil uji homogenitas diperoleh nilai F_(hitung )= 1,07 dan F_(tabel )= 4,20, maka dapat disimpulkan F_(hitung )<F_(tabel )(1,07< 4,20 ) yang berarti data hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan hasil belajar yang tidak menggunakan model pembelajran Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah homogen. Berdasarkan hasil uji hipotesis (Uji t) terdapat pengaruh yang signifikan pada Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar Boga dasar dengan nilai t_(Hitung )> t_(Tabel )(6,87>1,661) pada taraf signifikan 5 persen. Artinya model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran Boga Dasar.