Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknik Pembelajaran Brainstorming (Curah Pendapat) Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini berjumlah 386 siswa kelas X. Sampel diambil secara random, yaitu kelas eksperimen 37 siswa. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one-grup pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan adalah tes essay. Dari pemerolehan data diketahui bahwa nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan yang signifikan dari pre-test yang hanya sebesar 62,7 pada kategori cukup menjadi 76,21 pada kategori baik saat post-test. Kemudian Lhitung = 0,12 < Ltabel = 0,14 (pre-test) dan Lhitung = 0,10 < Ltabel = 0,14 (post-test) yang berarti sampel variabel berdistribusi normal, Fhitung = 1,42 < Ftabel = 1,78 yang berarti nilai uji homogenitas berasal dari populasi yang homogen. Selanjutnya, Berdasarkan nilai t0 dan ttabel , maka dapat diketahui bahwa t0 > ttabe yakni 7,72 > 2.03. Dengan demikian, hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis diterima (Ha). Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan teknik pembelajaran brainstorming (curah pendapat) terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.