Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah: banyaknya anak yang sulit mengingat pembelajaran. Hal tersebut dikarenakan Metode yang digunakan guru kurang tepat untuk mengasah daya ingat anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bernyanyi terhadap daya ingat anak usia 4-5 tahun di TK Swasta Al Ihsan Kec. Medan Petisah Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Posttest-Only Control Group Design. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling, yaitu memilih sampel dengan cara acak. Cara acak/random dilakukan karena populasi anaknya di setiap kelas memiliki karakteristik yang sama dari segi usia yaitu usia 4-5 tahun. Teknik acak yang dilakukan untuk menentukan sampel kelas ekperimen yang menggunakan metode bernyanyi dan kelas kontrol menggunakan metode bercerita adalah dengan cara undian. Dengan masing-masing kelas berjumlah 15 anak. Hasil analisis data diatas diperoleh rata-rata nilai pada kelas eksperimen 7,5 dengan nilai tertinggi 9 dan nilai terendah 5, sehingga daya ingat anak pada kelas eksperimen memperoleh perbedaan yang signifikan. Sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol 5,13 dengan nilai tertinggi 6 dan nilai terendah 4. Hasil uji hipotesis diketahui bahwa thitung = 5,386 lebih besar ttabel = 1,701 Hal ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode Bernyanyi terhadap daya ingat anak 4-5 tahun di TK Swasta Al Ihsan Kec. Medan Petisah Tahun Ajaran 2016/2017.