PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY MENGGUNAKAN MEDIA PHET TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran guided inquiry terhadap keterampilan pemecahan masalah dan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran fisika, serta hubungan antara keterampilan pemecahan masalah dan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan jenis quasi eksperiment dengan desain two group pretes-postes. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 4 Medan. Sampel dalam penelietian ini adalah kelas X.7 sebagai kelas kontrol dan kelas X.4 sebagai kelas eksperimen. Pemilihan sampel dilakukan secara random sampling. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes keterampilan pemecahan masalah dan tes keterampilan berpikir kritis siswa dalam bentuk essay. Data dianalisis menggunakan analisis one-way anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan pemecahan masalah dan berpikir kritis siswa yang diajar dengan model pembelajaran guided inquiry menggunakan media PhET lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional, model pembelajaran guided inquiry menggunakan media PhET memiliki pengaruh terhadap keterampilan pemecahan masalah dan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran fisika, dan terdapat hubungan antara keterampilan pemecahan masalah dan berpikir kritis siswa.