EFEK MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) BERBANTUAN MACROMEDIA MEDIA FLASH DAN ADVERSITY QUOTIENT (AQ) TERHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengetahuan konseptual siswa menggunakan model kelompok kooperatif tipe GI berbantuan macromedia flash lebih baik daripada pengetahuan konseptual siswa dengan pembelajaran konvensional, untuk mengetahui apakah pengetahuan konseptual siswa antara siswa yang memiliki AQ diatas rata-rata lebih baik daripada siswa yang memiliki AQ dibawah rata-rata; serta untuk melihat apakah terdapat interaksi antara model kooperatif tipe GI berbantuan macromedia flash dengan AQ terhadap hasil pengetahuan konseptual siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan group pretest-postest design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 5 Langsa. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling sebanyak dua kelas, dimana kelas pertama diajarkan model pembelajaran kooperatif tipe GI berbantuan macromedia flash dan kelas kedua dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes pengetahuan konseptual dan AQ yang telah divalidkan. Data dianalisis dengan ANAVA dua jalur mengunakan SPSS . Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan konseptual siswa menggunakan model kooperatif tipe GI berbantuan macromedia flash lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Pengetahuan konseptual siswa dengan AQ diatas rata-rata menunjukkan hasil yang lebih baik daripada siswa dengan AQ dibawah rata-rata. Terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe GI berbantuan macromedia flash dan AQ terhadap pengetahuan konseptual. Interaksi ini meninjukkan pengetahuan konseptual dominan pada model pembelajaran kooperatif tipe GI berbantuan macromedia flash pada kelompok yang mempunyai AQ diatas rata-rata.