PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SMP KELAS VII LANGSA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kecerdasan emosional antara siswa yang diberi pembelajaran biasa dan PMR. (2) untuk mengetahui apakah terdapat interaksi yang signifikan antara pembelajaran matematika (biasa, PMR) dengan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kecerdasan emosional siswa. (3) menganalisis proses jawaban siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Kemudian secara acak dipilih dua kelas. Kelas eksperimen 1 diberi pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik dan kelas eksperimen 2 dengan pendekatan pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan terdiri dari : tes kemampuan pemecahan masalah dan tes kecerdasan emosional. Analisis data dilakukan dengan Uji Analisis Regresi dan Anova Dua Jalur. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil penelitian yaitu: (1) Terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kecerdasan emosional antara siswa yang diberi pembelajaran biasa dan PMR. (2) Tidak terdapat interaksi yang signifikan antara pembelajaran matematika (biasa, PMR) dengan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kecerdasan emosional siswa. (3) Proses penyelesaian jawaban siswa pada tes kemampuan pemecahan masalah lebih baik.