Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) lebih tinggi daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada pokok bahasan kubus dan balok di kelas VIII SMP N 27 Medan T.A. 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 27 Medan semester genap, yang terdiri dari 9 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas yang dipilih secara acak dimana kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen TTW dan kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen TPS dengan masing-masing jumlah sampel 40 orang dalam tiap kelas. Penelitian ini menggunakan satu jenis instrumen yaitu post-test dalam bentuk essay. Dari hasil penelitian yang diberikan, diperoleh nilai rata-rata post-test kelas eksperimen TTW sebesar 70,3125 dan kelas eksperimen TPS memperoleh nilai rata-rata 64,6875. Dari hasil uji hipotesis post-test diperoleh thitung<ttabel (1,5857 < 1,667). Hal ini menunjukkan bahwa H0 diterima dan ditolak sehingga dapat dinyatakan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TTW lebih tinggi daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS.