PENGARUH KOMPETENSI, KEPEMIMPINAN PEDAGOGIS KEPALA SEKOLAH, BUDAYA ORGANISASI SPIRITUAL SEKOLAH, KEPUASAN KERJA PENGEMBANGAN DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI DI KABUPATEN DELI SERDANG

Main Author: Gewasari, Miska
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/26634/1/809116010%20COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/26634/1/809116010%20KATA%20PENGANTAR.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/26634/1/809116010%20LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/26634/1/809116010%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/26634/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langsung kompetensi guru, kepemimpinan pedagogis kepala sekolah, budaya organisasi spiritual sekolah, maupun pengaruh tidak langsung melalui kepuasan kerja pengembangan guru, dan motivasi berprestasi guru terhadap kinerja guru di Kabupaten Deli Serdang. Populasi penelitian ini adalah guru SMA Negeri sekabupaten Deli Serdang berjumlah 1089 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik stratified proportional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 284 orang. Instrumen penelitian adalah angket dengan skala likert dan pedoman observasi. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik path analysis. Hasil analisis menunjukkan: kepuasan kerja pengembangan guru dipengaruhi secara langsung oleh kompetensi guru sebesar 0,377. Motivasi berprestasi guru dipengaruhi secara langsung oleh kompetensi guru sebesar 0,368. Kinerja guru dipengaruhi secara langsung oleh kompetensi guru sebesar 0,161. Kepuasan kerja pengembangan guru dipengaruhi secara langsung oleh kepemimpinan pedagogis kepala sekolah sebesar 0,415. Motivasi berprestasi guru dipengaruhi secara langsung oleh kepemimpinan pedagogis kepala sekolah sebesar 0,406. Kinerja guru dipengaruhi secara langsung oleh kepemimpinan pedagogis kepala sekolah sebesar 0,336. Kepuasan kerja pengembangan guru dipengaruhi secara langsung oleh budaya organisasi spiritual sekolah sebesar 0,175. Motivasi berprestasi guru dipengaruhi secara langsung oleh budaya organisasi spiritual sekolah sebesar 0,349. Kinerja guru dipengaruhi secara langsung oleh budaya organisasi spiritual sekolah sebesar 0,175, kinerja guru dipengaruhi secara langsung oleh kepuasan kerja pengembangan guru sebesar 0,246. Kinerja guru dipengaruhi secara langsung oleh motivasi berprestasi guru sebesar 0,549. Kinerja guru dipengaruhi secara tidak langsung oleh kompetensi guru melalui kepuasan kerja pengembangan guru sebesar 0,099. Kinerja guru dipengaruhi secara tidak langsung oleh kepemimpinan pedagogis kepala sekolah melalui kepuasan kerja pengembangan guru sebesar 0,109. Kinerja guru dipengaruhi secara tidak langsung oleh budaya organisasi spiritual sekolah melalui kepuasan kerja pengembangan guru sebesar 0,046. Kinerja guru dipengaruhi secara tidak langsung oleh kompetensi guru melalui motivasi berprestasi guru sebesar 0,092. Kinerja guru dipengaruhi secara tidak langsung oleh kepemimpinan pedagogis kepala sekolah melalui motivasi berprestasi guru sebesar 0,101. Kinerja guru dipengaruhi secara tidak langsung oleh budaya organisasi spiritual sekolah melalui motivasi berprestasi guru sebesar 0,087. Simpulan penelitian ini adalah: Kompetensi guru, kepemimpinan pedagogis kepala sekolah, dan budaya organisasi spiritual sekolah berpengaruh secara langsung maupun tidak langsung melalui kepuasan kerja pengembangan guru dan motivasi berprestasi terhadap kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Deli Serdang”. Saran-saran berdasarkan hasil penelitian yang dapat diajukan adalah: Untuk meningkatkan kinerja guru perlu dilakukan berbagai upaya peningkatan kompetensi guru, perilaku kepemimpinan pedagogis kepala sekolah, budaya organisasi spiritual sekolah, kepuasan kerja pengembangan guru dan motivasi berprestasi guru.