PENGARUH KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN CLIENT- CENTERED TERHADAP KECEMASAN AKAN MENERIMA HASIL BELAJAR SISWA DI SMA YAYAYSAN PERGURUAN KARTINI UTAMA KAB. SERDANG BEDAGAI TAHUN AJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh layanan konseling kelompok pendekatan Client-Centered terhadap kecemasan Akan Menerima hasil belajar siswa SMA Yayasan Perguruan Kartini Utama Kab. Serdang Bedagai Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei s/d Juli 2017. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan Pre experimental design dengan jenis Pre test-post test one group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Yayasan Perguruan Kartini Utama. Sampel ditarik dengan menggunakan metode purposive sampling sebanyak 8 orang yang berasal dari kelas X MIPA 1. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket kecemasan akan menerima hasil belajar berjumlah 28 item pernyataan yang telah valid dan reliabel kemudian data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Dari Data pre-test kecemasan akan menerima hasil belajar siswa diperoleh skor rata-rata 68,75, sedangkan data post-test kecemasan akan menerima hasil belajar siswa diperoleh skor rata-rata sebesar 47,3. layanan konseling kelompok pendekatan client-centered memberikan kontribusi sebesar 45,3% terhadap penurunan kecemasan akan menerima hasil belajar siswa di SMA Yayasan Perguruan Kartini Utama Tahun Ajaran 2016/2017. Dengan demikian skor rata-rata siswa setelah mendapat layanan konseling kelompok pendekatan client-centered lebih rendah daripada sebelum mendapat layanan konseling kelompok pendekatan client-centered. Dari analisis data diperoleh J hitung = 17 dengan a = 0,05, adapun J tabel = 4. Dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung > Jtabel dimana 17 > 4. Artinya hipotesis diterima yang berarti ada perubahan siswa setelah mendapat layanan konseling kelompok pendekatan client-centered lebih rendah daripada sebelum mendapat layanan konseling kelompok pendekatan client-centered.