PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 14 MEDAN DENGAN PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING)
Main Author: | Manurung, Sri Lestari |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/26626/1/Daftar%20Isi.pdf http://digilib.unimed.ac.id/26626/2/Fulltext.pdf http://digilib.unimed.ac.id/26626/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; apakah peningkatankemampuan komunikasi matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan CTL lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian inisiswa SMP Negeri 14 Medan yang berakreditasi B. Pemilihan sampel dilakukan secara random. Instrumen yang digunakan yaitu berupates kemampuan komunikasi matematis dengan materi kubus dan balok. Adapun tes yang digunakan untuk memperoleh data adalah berbentuk uraian. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis statistik yaitu dengan analisis uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa antara siswa yang diberi pembelajaran pendekatan CTL dengan pendekatan konvensional atau dengan kata lain peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan pendekatan CTL lebih baik daripada siswa yang menggunakan pendekatan konvensional. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar pendekatan CTL dapat dijadikan alternatif bagi guru matematika untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis sebagai salah satu alternatif dalam menerapkan pembelajaran matematika yang inovatif.