PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESMENT, SATISFACTION) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR ELEKTROMEKANIK KELAS X TIPTL SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk perbedaan hasil belajar kognitif, afektif, psikomotorik pada siswa kelas X program keahlian teknik instalasi pemanfaatan tenaga listrik (TIPTL), kelas X TIPTL-A sebagai kelas eksperimen dengan penerapan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, interest, Assesment, Satisfaction) dan kelas X TIPTL-B sebagai kelas kontrol dengan penerapan model pembelajaran ekspositori. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017 di SMK N 1 Lubuk Pakam. Dari hasil uji coba instrumen yang dilakukan, diperoleh 23 soal yang valid dari 50 soal, indeks kesukaran soal diperoleh 10 soal mudah, 32 soal sedang dan 8 soal sukar, daya beda soal diperoleh 17 soal buruk, 17 soal cukup, 12 soal baik dan 4 soal sangat baik, uji realibilitas diperoleh 0,853 (tinggi). Teknik pengumpulan data dengan observasi dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil evaluasi dan kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian ini, diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas kontrol yaitu 74,5 dan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yaitu 80,6. Dari data tersebut terlihat adanya peningkatan hasil belajar siswa. Terbukti dengan uji-t, bahwa t-hitung lebih besar dari t-tabel yaitu 6,78 >1,66. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran ARIAS dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik.