Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penigkatan hasil belajar Lempar cakram melalui pendekatan bermain pada siswa/i kelas VII SMP Negeri 27 Medan tahun ajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 27 Medan Tahun Ajaran 2016/2016, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-6 yang berjumlah 37 orang. Untuk menganalisis data dalam penelitian ini dan untuk mengetahui hasil dilihat dari ketuntasan siswa secara individu dan secara klasikal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil tes awal yang dilakukan pada siswa kelas VII-6 SMP Negeri 27 Medan, dari 37 siswa hanya ada 13 siswa (35%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 54,07. Hasil dari siklus I siswa terdapat 21 siswa (57%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 68,58. Disiklus II terdapat 33 siswa (89,9%) dari 37 siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 89,9. Penelitian ini menyimpulkan bahwa melalui pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar Lempar cakram gaya menyamping pada siswa kelas VII-6 SMP Negeri 27 Medan Tahun Ajaran 2016/2017.