Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara manajemen waktu dan keaktifan berorganisasi terhadap prestasi akademik mahasiswa Pendidikan Tata Niaga Angkatan 2013 Universitas Negeri Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh positif dan signifikan antara manajemen waktu dan keaktifan berorganisasi terhadap prestasi akademik mahasiswa Pendidikan Tata Niaga Angkatan 2013 Universitas Negeri Medan. Penelitian ini dilaksanakan di lingkungan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan Jalan Willem Iskandar Pasar V Medan Estate. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 3 kelas dengan jumlah mahasiswa yang aktif berorganisasi sebanyak 44 mahasiswa. Dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 44 mahasiswa. Data manajemen waktu dan keaktifan berorganisasi diperoleh dengan menggunakan angket dan data prestasi akademik mahasiswa diperoleh dari kartu hasil studi mahasiswa (KHS). Validatas tes diuji dengan menggunakan teknik korelasi product moment. Reliabel tes diuji dengan menggunakan rumus Alpha Cronbarch. Kemudian data dianalisis dengan rumus regresi linear berganda, determinasi R2 Selanjutnya untuk menguji hipotesis secara secara parsial digunakan uji t dan secara simultan digunakan uji F. Setelah uji validitas untuk variabel X1, dan X2 dilakukan dengan masing masing variabel 25 instrument hasilnya 21 soal yang valid untuk variabel X1 dan 22 soal yang valid untuk variabel X2. Dan untuk hasil uji reliabilitas angket diperoleh 0.958 > 0.361 (rhit> rtabel) untuk manajemen waktu dan 0.935 > 0.361 (rhit> rtabel) untuk keaktifan berorganisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui uji t (parsial) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara manajemen waktu terhadap prestasi akademik mahasiswa dengan perhitungan thitung = 2.450 > ttabel = 1.682 dengan nilai signifikan 0.019 < 0.05. Dan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara keaktifan berorganisasi terhadap prestasi belajar mahasiswa dengan nilai thitung = 4.943 > ttabel = 1.682 dengan nilai signifikan 0.000 < 005. Serta ada pengaruh positif yang signifikan antara manajemen waktu dan keaktifan berorganisasi terhadap prestasi akademik mahasiswa melalui uji F (simultan) dengan perhitungan membandingkan nilai Fhitung = 34.277 > Ftabel= 4.06 dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.05. Selain itu determinasi nilai adjusted R Square sebesar 0.626 atau 62.6 %.