IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA W.R. SUPRATMAN 2 MEDAN T.P 2016/2017
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya Aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA W.R. Supratman 2 Medan”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA W.R. Supratman 2 Medan melalui penerapan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam Lesson Study . Penelitian ini dilaksanakan di SMA W.R. Supratman 2 Medan yang berlokasi di Jl. Brigjen Zein Hamid No. 33 Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 dengan jumlah 51 orang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Sedangkan teknik analisis data adalah dengan data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test sebelum diadakannya tindakan pada siklus I adalah 54,90 dimana 25,50% siswa yang memenuhi standar ketuntasan belajar. Setelah diadakannya tindakan siklus I nilai rata-rata 71,56 dengan 60,79% siswa yang telah mencapai standar ketuntasan belajar dan setelah diadakannya siklus II nilai rata-rata mengalami peningkatan menjadi 83,33 dengan 88,24% siswa yang tuntas. Untuk aktivitas belajar siswa juga menunjukkan peningkatan dari 39,21% pada siklus I menjadi 94,12% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam Lesson Study pada materi jurnal penutup di kelas XI IPS 2 SMA W.R. Supratman 2 Medan T.P 2016/2017 membuktikan adanya Peningkatan aktivitas dan hasil belajar