PENERAPAN MODEL PROBING PROMPTING LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK BM SWASTA TAMAN SISWA LUBUK PAKAM T.P 2016/2017
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya minat dan hasil belajar akuntansi. Penenlitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Probing Prompting Learning pada materi pelajaran mengelola kartu persediaan di kelas XI Ak SMK BM Taman Siswa Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMK BM Taman Siswa Lubuk Pakam yang beralamat di Jl.Kartini No 2 Lubuk Pakam. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Ak dengan jumlah 20 orang dan objek penelitian ini adalah Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting Learning untuk meningkatkan minat dan hasil belajar akuntansi siswa. Teknik pengumpulan data dengan lembar angket minat dan tes hasil belajar berbentuk soal essay. Teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Dari data hasil obsevasi menunjukkan minat belajar siswa memenuhi skala penilaian diatas 60%. Dari hasil analisis diperoleh data pretes sebagai hasil belajar awal siswa yaitu 40% siswa yang tuntas. Data postes siklus I dengan 55% sebanyak 11 siswa yang tuntas. Sedangkan siklus II dengan 80% yang tuntas sebanyak 16 orang siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum. Ini berarti ada peningkatan dari postes siklus I ke postes siklus II sebesar 25%. Dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting Learning pada standar kompetensi mengelola kartu piutang dapat meningkatkan minat dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI Ak SMK BM Taman Siswa Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2016/2017. Hal ini berarti bahwa Model Pembelajaran Probing Prompting Learning dapat digunakan sebagai alternative dalam pembelajaran akuntansi.