PENGEMBANGAN MODUL KIMIA TERINTEGRASI NILAI-NILAI ISLAMI PADA POKOK BAHASAN TERMOKIMIA DAN LAJU REAKSI UNTUK SISWA SMA
Daftar Isi:
- Penelitian pengembangan modul kimia terintegrasi nilai-nilai Islami pada pokok bahasan termokimia dan laju reaksi bertujuan (1) untuk mengetahui ada/tidaknya nilai-nilai Islami dalam materi ajar pada buku kimia SMA, (2) untuk mengetahui kelayakan rancangan modul kimia terintegrasi nilai-nilai Islami berdasarkan kriteria BSNP, dan (3) untuk mengetahui respon guru dan mahasiswa terhadap modul kimia terintegrasi nilai-nilai Islami. Penelitian ini menggunakan bagian dari metode penelitian dan pengembangan. Penelitian ini terdiri dari 3 tahapan, yaitu tahap analisis, rancangan, dan pengembangan. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui ada/tidaknya nilai Islami pada buku ajar SMA adalah daftar tilik dan instrumen untuk mengetahui kelayakan modul kimia oleh dosen dan guru menggunakan angket berdasarkan kriteria BSNP serta respon terhadap modul kimia oleh guru dan mahasiswa menggunakan angket yang telah valid. Hasil penelitian yang diperoleh, yaitu (1) kurang terdapat nilai-nilai Islami dalam materi ajar pada buku kimia SMA, (2) Rancangan modul kimia layak dan tidak perlu revisi yang berarti telah memenuhi standar kelayakan BSNP. Dan nilai-nilai Islami yang diintegrasikan dalam rancangan modul kimia sesuai dan tidak perlu direvisi, (3) Respon guru dan mahasiswa terhadap modul kimia mendapat tanggapan yang sangat baik dan tidak perlu direvisi.