KONTRIBUSI PROFESIONALISME GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS X SMAN 1 SIANJUR MULAMULA TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kontribusi profesionalisme guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas X SMAN 1 Sianjur Mulamula Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif sederhana, yakni menggambarkan fenomena dari suatu keadaan melalui perhitungan persentase. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan angket. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas X SMAN 1 Sianjur Mulamula yang berjumlah 198 siswa, terdiri dari 6 kelas. Sampel yang digunakan adalah 20% dari jumlah populasi yaitu sebanyak 40 orang siswa yang diambil secara acak sederhana (random sampling). Untuk menganalisis data yang terkumpul penulis menggunakan rumus tabel frekuensi. Dari hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa kontribusi profesionalisme guru dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Hal ini dibuktikan dari tabel frekuensi penelitian yang menunjukkan 85,87% kontribusi profesionalisme guru yang berarti guru PKn sudah berkontribusi tinggi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Usaha guru PKn dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMAN 1 Sianjur Mulamula yaitu menggunakan metode-metode pengajaran dalam belajar, guru menyusun rancangan pembelajaran, guru memberikan kesempatan kepada siswa melakukan diskusi kelompok dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya, guru memeriksa dan mengembalikan lembar tugas siswa, dan guru juga memberikan bimbingan atau nasihat yang dapat mengarahkan siswa kearah yang lebih baik.