Daftar Isi:
  • Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) yang terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan II dimana pada tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa/i V SD Negeri 101774 Sampali sebanyak 36 orang dengan jumlah laki – laki 18 orang dan 18 orang perempuan . Objek penelitian ini adalah penggunaan Model pembelajaran Think Talk Write (TTW). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan lembar observasi yakni untuk guru dan siswa, angket dan juga dokumentasi. Pada awal penelitian dilakukan penyebaran Angket dari 36 siswa, motivasi belajar pada Pra Siklus sebesar 50,48% dengan kriteria motivasi rendah. Pada siklus I persentase rata-rata angket motivasi belajar adalah 64,55% dengan kriteria motivasi sedang dan pada Siklus II persentase rata-rata angket motivasi belajar adalah 86,84% dengan kriteria motivasi sangat tinggi. Observasi siswa pada Siklus I Pertemuan 1 motivasi belajar siswa rendah dengan rata-rata 58,67%, Siklus I Pertemuan 2 motivasi belajar siswa sedang dengan rata-rata 63,36%, Siklus II Pertemuan 1 motivasi belajar siswa tinggi dengan rata-rata 72,56% dan Siklus II Pretemuan 2 motivasi belajar siswa tinggi dengan rata-rata 86,87%. Hasil observasi kegiatan peneliti yang dilakukan oleh Wali Kelas V pada siklus I pertemuan 1 menghasilkan rata-rata 70,8% (Baik), Pada Siklus I pertemuan 2 meningkat menjadi 83,3% (Baik), Pada siklus II Pertemuan 1 meningkat menjadi 91,6% (Sangat Baik) dan pada siklus II pertemuan 2 meningkat menjadi 100% (Sangat Baik). Dari hasil analisis di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Pokok menemukan informasi dalam teks di kelas V SD Negeri 101774 Sampali T.A 2016 / 2017.