Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah apakah kreativitas mahasiswa dan kompetensi sosial memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan Stambuk 2015. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kreativitas mahasiswa dan kompetensi sosial dengan Indeks Prestasi Kumulatif mahasiswa Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan Stambuk 2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dan expost facto dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi dalam penelitian adalah di Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan Jalan Willem Iskandar Pasar V Medan. Populasi penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan Stambuk 2015 sebanyak 99 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi dan pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total Sampling, yaitu semua anggota populasi dijadikan sampel. Teknik analisis data statistik deskriptif dan korelasi dengan rumusan korelasi product moment kemudian diolah dengan menggunakan SPSS 20,0 versi. Berdasarkan hasil analisis data, maka diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan hubungan yang sangat kuat antara variabel kreativitas mahasiswa (X1) dengan Indeks Prestasi Kumulatif (Y) dengan korelasi sebesar 0,891 dengan sig 0,000 < 0,05, nilai antara kompetensi sosial (X2) dengan Indeks Prestasi Kumulatif (Y) dengan korelasi sebesar 0,946 dengan sig 0,000 < 0,05. Dan diperoleh nilai antara kreativitas mahasiswa dan kompetensi sosial dengan Indeks Prestasi Kumulatif sebesar 0,958 dan sumbangan secara simultan sebesar 91,7% dan 8,3% dipengaruhi variabel lain. Hal ini menunjukkan terdapat hubungan yang sangat kuat antara kreativitas mahasiswa dan kompetensi sosial dengan Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Univeritas Negeri Medan Stambuk 2015.