Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara motivasi belajar dan kecerdasan emosional dengan hasil belajar penggunaan dan pemeliharaan alat ukur pada siswa kelas X SMK Swasta Mandiri Percut Sei Tuan Tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian korelasional, memakai instrument angket model Likert dan dokumentasi. Jumlah populasi 126 siswa dan diperoleh sampel sebanyak 56 siswa, cara pengambilan sampel dengan teknik Proportional Stratified random Sampling. Uji validitas instrument menggunakan koefisien korelasi Product Moment, dan uji reabilitas menggunakan Alpha Cronbach, Korelasi Parsial dan Korelasi Ganda dengan bantuan program SPSS 16.0. Dari hasil analisis pada N = 56 taraf signifikan 5 % diperoleh rtabel = 0,263 hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar penggunaan dan pemeliharaan alat ukur diperoleh rhitung = 0,845 dan rparsial = 0,787, hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar pengunaan dan pemeliharaan alat ukur diperoleh rhitung = 0,659 dan rparsial = 0,499, hubungan antara motivasi belajar dan kecerdasan emosional dengan hasil belajar penggunaan dan pemeliharaan alat ukur diperoleh rhitung = 0,886. Dengan demikian maka variabel motivasi belajar, kecerdasan emosional dan hasil belajar penggunaan dan pemeliharaan alat ukur memiliki hubungan yang signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan ynag positif dan signifikan antara motivasi belajar dan kecerdasan emosional dengan hasil belajar penggunaan dan pemeliharaan alat ukur pada siswa kelas X SMK Swasta Mandiri Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2016/2017.