Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah minat belajar dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan melalui Kooperatif tipe Student Team Achievement Division dengan Macromedia Flash lebih tinggi daripada minat belajar dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan melalui Kooperatif tipe Student Team Achievement Division dengan LKS dalam pembelajaran larutan penyangga serta hubungan yang signifikan antara minat belajar dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA pada semester genap tahun ajaran 206/2017 yang menggunakan kurikulum 2013. Sampel yang diteliti adalah adalah kelas XI MAN Tanjungbalai. Pengambilan campel dilakukan secarra purposif dengan mengambil 2 kelas dari 6 kelas yaitu kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen I dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen II. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar adalah soal pilihan ganda sebayak 20 butir soal yang sudah diuji validitas, reliabilitas, indeks kesukaran, daya beda dan distraktornya, sedangkan data minat menggunakan lembar angket minat belajar. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen I yaitu 87,50 ± 6,990 dan pada kelas eksperimen II yaitu 72,77 ± 8,785, serta diperoleh rata-rata minat belajar siswa pada kelas eksperimen I yaitu 90,18 ± 5,231 dan pada kelas eksperimen II yaitu 80,32 ± 4,395. kedua kelompok sampel tersebut homogen. Analisis data tersebut berdasarkan statistik uji independent sample t-test menggunakan software SPSS 24 dan uji Correlate Bivariate pada tingkat signifikansi 0,05 menunjukkan bahwa: 1) hasil belajar siswa yang dibelajarkan melalui Kooperatif tipe Student Team Achievement Division dengan Macromedia Flash lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang dibelajarkan melalui Kooperatif tipe Student Team Achievement Division dengan LKS dalam pembelajaran larutan penyangga, 2) Minat belajar siswa yang dibelajarkan melalui Kooperatif tipe Student Team Achievement Division dengan Macromedia Flash lebih tinggi daripada minat belajar siswa yang dibelajarkan melalui Kooperatif tipe Student Team Achievement Division dengan LKS dalam pembelajaran larutan penyangga,dan 3) hubungan antara kedua variabel tidak signifikan.