Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran learning cycle terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida ststis kelas XI Semester II di SMA Dharma Pancasila Medan T.P 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian two group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Semester II yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 orang dan Kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 31 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk essai dengan jumlah 8 soal. Sebelum instrumen digunakan, instrumen terlebih dahulu di validasi oleh validator. Uji Hipotesis menggunakan Uji t. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 40,2 dengan standar deviasi 8,91 dan nilai rata-rata pretes kelas eksperimen sebesar 40,91 dengan standar deviasi 9,52. Diperoleh nilai rata-rata postes kelas kontrol sebesar 64,45 dengan standar deviasi 6,60 dan kelas eksperimen sebesar 79,91 dengan standar deviasi 6,61. Uji normalitas dan homogenitas diperoleh bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Hasil pengolahan data postes diperoleh bahwa thitung = 9,27 dan ttabel = 1,669, sehingga thitung > ttabel (9,27 > 1,669) maka Ha diterima yakni ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran learning cycle terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida statis di kelas XI semester II SMA Dharma Pancasila Medan T.P 2016/2017 atau hasil belajar fisika siswa dengan menerapkan model pembelajaran model learning cycle lebih tinggi daripada hasil belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional.