Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terintegrasi animasi flash terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Fluida Dinamis kelas XI di SMA Negeri 11 Medan T.P. 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian Control Group Pre-test-Post-test Design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 11 Medan yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang untuk kelas eksperimen dan 30 orang untuk kelas kontrol, sebelum pembelajaran terlebih dahulu dilakukan pretest kepada kedua kelas, kemudian dilaksanakan pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional di kelas kontrol, dan setelah selesai pembelajaran dilakukan postest. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tes essai, sebanyak 8 soal yang terlebih dahulu sudah divalidasikan. Berdasarkan hasil pengolahan data pretest diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 30,91 dan nilai rata-rata kelas kontrol 30,33. Hasil uji beda nilai kedua kelas pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung = 0,4238, ttabel = 2,002, maka dapat disimpulkan kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama, selanjutnya dilakukan pembelajaran dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terintegrasi animasi flash pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol, setelah pembelajaran diberikan kemudian pada kedua kelas dilakukan postest. Nilai N-gain siswa untuk kelas eksperimen 0,59 termasuk dalam kategori sedang, sedangkan untuk kelas kontrol 0,44 termasuk dalam kategori sedang. Kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 72,08 dan untuk kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 61,33. Hasil pengujian hipotesis dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh hitung t = 5,1166 dan tabel t = 2,002. Karena hitung t > tabel t maka hipotesis (Ha) diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terintegrasi animasi flash sebesar 15,09 % terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida dinamis kelas XI di SMA Negeri 11 Medan T.P. 2016/2017