Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar mahasiswa angkatan 2015 di program studi adminitrasi perkantoran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh organisasi belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai bahan masukan bagi mahasiswa, dosen dan prodi agar membentuk organisasi dalam belajar dan mahasiswa dapat termotivasi dalam belajar sehingga prestasi belajar yang dicapai dapat maksimal. Penelitian ini dilaksanakan di Pendidikan Adminitrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan angkatan 2015 kelas Reguler A, B dan Ekstensi T.P 2017. Metode populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas adminitrasi perkantoran reguler A, B dan ekstensi yang terdiri atas 3 kelas ( 107 mahasiswa). Instrumen yang digunakan untuk mengukur organisasi dan motivasi belajar berupa angket yang berjumlah 20 soal untuk masing-masing variabel dan studi dokumen (IPK) untuk variabel prestasi belajar mahasiswa. Validitas tes diuji dengan menggunakan teknik korelasi product moment. Reliabel tes diuji dengan menggunakan rumus Alpha Cronbarch. Kemudian data dianalisis dengan rumus regresi linear berganda. Selanjutnya untuk menguji hipotesis secara parsial uji t dan secara simultan digunakan uji f. Hasil analisis untuk variabel organisasi belajar terbukti reliabel untuk digunakan, dimana nilai rhitung > rtabel (0,905 > 0,312) dan nilai Cronbach's Alpha terletak di antara 0,80-1,00 sehingga tingkat reliabilitasnya dikategorikan pada taraf sangat tinggi. intstrumen penelitian untuk variabel motivasi belajar terbukti reliabel untuk digunakan, dimana nilai rhitung > rtabel (0,845 > 0,312) dan nilai Cronbach's Alpha terletak di antara 0,80-1,00 sehingga tingkat reliabilitasnya dikategorikan pada taraf tinggi. Hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan garis linear Y = 27,998 + 0,365X1 + 0,375X2. Secara Parsial menunjukan bahwa ada pengaruh organisasi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar masing-masing sebesar 2.020 dan 2,100 dan uji F diperoleh uji Fhitung menunjukkan angka Fhitung = 58,545 > Ftabel = 3,18 dengan signifikan 0,000 < 0,05. Artinya hipotesis diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara organisasi dan motivasi belajar secara bersama - sama terhadap terhadap prestasi belajar mahasiswa ADP Angkatan 2015 Fakulas Ekonomi Unimed