Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya pengaruh konsep diri dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Ekonomi Siswa kelas XI IPS SMA Swasta Cerdas Murni Tahun Ajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh konsep diri dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Swasta Cerdas Murni Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Cerdas Murni yang beralamat di Jl.Beringin No.33 Pasar VII Tembung Kec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang, kode pos 20371 . Penelitian ini dilaksanakan pada siswa SMA kelas XI IPS. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Swasta Cerdas Murni. Jumlah seluruh siswa kelas XI IPS terdiri dari 2 kelas yaitu sebanyak 78 siswa. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas. Kelas XI IPSI 39 orang dan XI IPS2 39 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi dan angket, dimana angket sebanyak 50 item terdiri dari konsep diri 25 item dan motivasi belajar 25 item yang terlebih dahulu telah diuji Validitas Angket, dan Reliabilitas Angket. Teknik analisis data yang digunakan dengan menentukan uji normalitas, uji hipotesis yang dilakukan dengan Regresi linier Berganda, Uji t, Uji Simultan (Uji F), Koefisien Determinasi (R2). Hasil analisi data yang di peroleh dari variabel konsep diri terdapat skor tertinggi yaitu 92.38 dan skor terendah 49.52 dengan rata-rata sedangkan untuk variabel motivasi belajar skor tertinggi 93.04 dan skor terendah 58.26 dengan rata-rata . kemudian variabel prestasi belajar tertinggi yaitu 97 dan terendah 70 dengan rata-rata Y= 82.5. pengujian hipotesis digunakan dengan regresi linier berganda Y= 19.353 + 0.591 + 0.248 ,Uji Parsial (uji t) dengan α = 0.05 , uji F = 73.655 > = 3.12 dengan signifikan 0.000 < 0.05 , koefesien determinasi (R2) sebesar 0.654 atau 65 %. Dari hasil uji hipotesis 1 secara parsial untuk variabel konsep diri diperoleh nilai > (5.642 > 1.668), maka diterima dan , Dari hasil uji hipotesis 2 secara parsial untuk variabel motivasi belajar diperoleh nilai thitung > ttabel (2,472 > 1,668), maka Ha diterima dan H0 ditolak, Dari hasil analisis uji hipotesis 3 secara simultan diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (73,655 > 3,12) dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Artinya uji t tingkat kepercayaan 95% demikian hipotesis dapat diterima. Secara simultan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara konsep diri dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Swasta Cerdas Murni.