Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar kewirausahaan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri dan minat berwirausaha terhadap prestasi belajar kewirausahaan siswa kelas X SMK Nusantara Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Nusantara Lubuk Pakam. Populasi dalam penelitian ini siswa Kelas X SMK Nusantara Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2016/2017 sebanyak 104 orang. Sampel dalam penelitian sebanyak 52 orang dengan menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan studi dokumentasi. Untuk mengetahui pengaruh efikasi diri dan minat berwirausaha terhadap prestasi belajar kewirausahaan siswa digunakan rumus regresi linear berganda dan persamaan regresi yang diperoleh Y = 43.989 + 0,265X1 + 0,200X2. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan uji t dan uji f pada taraf signifikan 95% atau alpha 5%. Hasil penelitian dan pengujian hipotesis disimpulkan bahwa : (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara efikasi diri terhadap prestasi belajar kewirausahaan siswa dengan nilai thitung > ttabel yaitu 3,813 > 2,01 dan nilai sig α 0,000 < 0,05 . (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara minat berwirausaha terhadap prestasi belajar kewirausahaan siswa dengan nilai thitung > ttabel yaitu 2,986 > 2,01 dan nilai sig α 0,004 < 0,05 . (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara efikasi diri dan minat berwirausaha terhadap prestasi belajar kewirausahaan siswa dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 59,905 > 3,19 dan nilai sig α 0,000 < 0,05. Koefisien determinasi (R2) diperoleh sebesar 0,710 atau 71% perubahan prestasi belajar kewirausahaan dipengaruhi oleh efikasi diri dan minat berwirausaha. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan maka hipotesis diterima dan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara efikasi diri dan minat berwirausaha terhadap prestasi belajar kewirausahaan siswa.