Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Belajar Kewirausahaan Siswa Kelas XI Pemasaran SMK Negeri 1 Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2016/2017. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Pemasaran SMK Negeri 1 Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 76 orang dengan menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara dan angket. Hasil analisis yang diperoleh untuk kecerdasan emosional (XI) terhadap prestasi belajar (Y) diperoleh nilai > (6,151 > 1,665), menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa. Hasil analisis yang diperoleh untuk kepercayaan diri (X2) terhadap prestasi belajar (Y) diperoleh nilai (3,635 > 1,665), menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kepercayaan diri terhadap prestasi belajar siswa. Dalam perhitungan regresi linear berganda diperoleh nilai konstanta 15,228, koefesien regresi kecerdasan emosional (XI) sebesar 0,563 dan koefesien regresi kepercayaan diri (X2) sebesar 0,371. Untuk menguji hipotesis kecerdasan emosional dan kepercayaan diri secara simultan menggunakan Uji F dengan taraf signifikansi 95% diperoleh nilai (133,670 > 3,12), menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan antara kecerdasan emosional dan kepercayaan diri terhadap prestasi belajar siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Belajar Kewirausahaan Siswa Kelas XI Pemasaran SMK Negeri 1 Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2016/2017.