Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keinginan mahasiswa untuk melanmjutkan berbisnis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Kecerdasan Emosional dan Mata Kuliah Komunikasi Bisnisterdapathubungan yang positif dan signifikan terhadap Kemampuan Berwirausaha mahasisa Program Studi Pendidikan Tata Niaga Stambuk 2013 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Populasi dalam penelitian adalah seluruh Mahasiswa Prodi Pendidikan Tata Niaga Stambuk 2013 T.A 2016/2017 yang berjumlah 108 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode total sampling dengan jumlah seluruh populasi 81 orang yang aktif kuliahi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara, danangket/kuesioner. Ujivaliditas untuk analisis butir angket menggunakan rumus korelasi product moment, reliabilitasnya dihitung dengan menggunakan rumus croanbach alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji koefisien korelasi, uji koefisien korelasi berganda, uji t, uji F, dan determinasi. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan program SPSS 20.0, koefisien korelasi dengan Product momment diperoleh Variabel Kecerdasan Emosional (X1) memiliki hubungan yang positif dan signifikan secara parsial terhadap kemampuan berwirausaha dengan nilai sig < 0.05 atau 0.000< 0.05 dan thitung>ttabel dimana 0,603 >0,284, dan Mata Kuliah Komunikasi Bisnis (X2) memiliki hubungan yang positif dan signifikan secara parsial terhadap Kemampuan Berwiraiusaha dengan nilai sig < 0.05 atau 0.000< 0.05 dan thitung>ttabel dimana 0,567>0,284. Secara bersama-sama Kecerdasan Emosional dan Mata Kuliah komunikasi Bisnis berhubungan positif dan signifikan terhadap Kemampuan Berwirausaha dengan nilai sig <0.05 dimana 0.000< 0.05. Persentase hubungan Kecerdasan Emosional dan Mata Kuliah Komunikasi Bisnis terhadap Kemampuan Berwirausaha sebesar 50,6%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah secarauji t Kecerdasan Emosional (Emotional Quotien)dan Mata Kuliah Komunikasi Bisnis masing-masing memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap Kemampuan Berwirausaha. Secara uji simultan Kecerdasan Emosional (Emotional Quotien) dan Mata Kuliah Komunikasi Bisnis berhubungan positif dan signifikan terhadap Kemampuan Berwirausaha.