PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN KELENGKAPAN SUMBER BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENGELOLAAN USAHA PEMASARAN SISWA KELAS X PM SMK SWASTA YPK MEDAN T.A 2016/2017
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pola asuh orang tua dan kelengkapan sumber belajar terhadap prestasi belajar pengelolaan usaha pemasaran siswa kelas X PM SMK Swasta YPK Medan T.A 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta YPK Medan yang beralamat di Jl. Sakti Lubis, GG Pegawai No. 8 Medan. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X PM yang berjumlah 40 orang. Sampel penelitian ini adalah 40 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara total sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi, dan angket. Untuk uji instrument peneliti menggunakan uji validitas dan uji realibilitas. Untuk menganalisis data penulis menggunakan persamaan regresi berganda dan untuk menguji hipotesis dengan rumus uji t dan uji f serta koefisien determinasi ( ). Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan garis secara linear Hasil analisis uji t untuk variabel pola asuh orang tua (X1) diperoleh nilai > (2,583 > 1,685) Dengan demikian, maka hipotesis pertama diterima yang berarti ada pengaruh positif dan signifikan antara pola asuh orang tua (X1) terhadap prestasi belajar siswa (Y). Untuk variabel kelengkapan sumber belajar (X2) diperoleh nilai < (-0,611<1,685), dengan demikian, maka hipotesis kedua ditolak yang berarti tidak ada pengaruh positif dan signifikan antara kelengkapan sumber belajar X2 terhadap prestasi belajar siswa (Y). Berdasarkan uji f diperoleh bahwa (7,183 > 3,24). Dengan demikian, maka hipotesis ketiga diterima yang berarti ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pola asuh orang tua dan dan kelengkapan sumber belajar terhadap prestasi belajar pengelolaan usaha pemasaran siswa kelas X PM SMK Swasta YPK Medan T.A 2016/2017