Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horray dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SD Negeri 166492 Tebing Tinggi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Subjek penelitian adalah siswa/I IV SD Negeri 166492 Tebing Tinggi sebanyak 30 orang dengan jumlah laki – laki 14 orang dan 16 orang perempuan. Objek penelitian ini adalah penggunaan Model pembelajaran Course Review Horay. Model Pembelajaran Course Review Horray merupakan metode pembelajaran yang menguji pemahaman siswa menggunakan soal yang mana jawaban dari soal itu dituliskan pada kartu atau kotak yang dilengkapi nomor dan untuk siswa atau kelompok yang berhasil mendapatkan jawaban atau tanda dari jawaban yang benar terlebih dahulu harus langsung berteriak ‘horee!!’ atau menyanyikan yel-yel kelompoknya. Penelitian ini bertujan untuk membuktikan Apakah dengan menerapkan Model pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada Materi Pokok tokoh-tokoh bangsa dalam kemerdekaan Di Kelas V SD Negeri 166492 Tebing Tinggi T.A 2016 / 2017. Manfaat penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan Model pembelajaran Course Review Horay pada materi pokok Tokoh-tokoh bangsa dalam memperjuangkan kemerdekaan di kelas V SD Negeri 166492 Tebing Tinggi T.A 2016/2017. Motivasi merupakan dorongan atau keinginan dari internal dan eksternal seseorang untuk mencapai tujuan yang di inginkan. Pada awal penelitian dilakukan penyebaran Angket Pada Kondisi Awal adalah 56,93% dan Angket Kondisi Akhir Adalah 83,8%. Observasi siswa pada Siklus I Pertemuan 1 motivasi belajar siswa rendah dengan rata-rata 59,99%, Siklus I Pertemuan 2 motivasi belajar siswa sedang dengan rata-rata 78,33%, Siklus II Pertemuan 1 motivasi belajar siswa tinggi dengan rata-rata 80,62% dan Siklus II Pretemuan 2 motivasi belajar siswa tinggi dengan rata-rata 81,97%. Hasil observasi kegiatan peneliti yang dilakukan olehWali KelasV pada siklus I pertemuan 1 menghasilkan rata-rata 79,68% (Baik), Pada Siklus I pertemuan 2 meningkat menjadi 82,81% (Baik), Pada siklus II Pertemuan 1 meningkat menjadi 85,15% (Baik) dan pada siklus II pertemuan 2 meningkat menjadi 90,62% (Baik). Dari kegiatan pembelajaran dan analisis data penelitian yang diperoleh peneliti dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada Materi Pokok Tokoh-tokoh Bangsa Dalam Memperjuangkan Kemerdekaan Di Kelas V SD Negeri 166492 Tebing Tinggi T.A 2016 / 2017.