PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO DAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 020620 BINJAI SELATAN TAHUN AJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Skripsi ini tentang Perbedaan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Video dan Media Gambar Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IV SD Negeri 020620 Binjai Selatan Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Medan. 2017. Penellitian ini beretujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Siswa dengan menggunakan media Video dan Media Gambar pada siswa kelas IV SD Negeri 020620 Binjai Selatan Hipotesis yang diajukan adalah diduga bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan media video dan media gambar pada mata pelajaran IPS pada siswa kelas IV SD Negeri 020620 Binjai Selatan Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan yang kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 020620 Binjai Selatan Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 40 orang. Sampel penelitian sebanyak 40 orang. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah total sampling yaitu pemilihan sampel dimana seluruh populasi dipilih sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes. Dari uji normalitas dan uji homogenitas menunjukkan bahwa data kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Dari data untuk uji hipotesis diperoleh thitung= 2,94 > ttabel = 2,02, karena thitung lebih besar dari ttabel maka Ho ditolak dan H1 diterima yang berarti bahwa ada perbedaan hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan menggunakan Media Video dan yang diajar dengan menggunakan Media Gambar Dari data gain yang diperoleh tersebut, setelah dianalisis, maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa kelas Eksperimen I sebesar 65% dan peningkatan hasil belajar siswa kelas Eksperimen II sebesar 62%. Selanjutnya hasil analisis data dengan uji t Berdasarkan pengujian hipotesis dengan taraf signifikan 5% diperoleh hasil nilai thitung > ttabel = (2,94 > 2,02). Dengan demikian H_1 diterima yaitu “Terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan media video dan media gambar pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 020620 Binjai Selatan Tahun Ajaran 2016/2017”.