PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BERKIRIM SALAM DAN SOAL DENGAN TIPE THINK PAIR SHARE DI SMP SWASTA IMELDA MEDAN T.A 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk melihat bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal dengan model pembelajaran kooperratif tipe Think Pair Share pada materi luas permukaan dan volume kubus dan balok di kelas VIII SMP Swata Imelda Medan T.A 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Semester II SMP Swasta Imelda Medan yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah keseluruhan siswa 136 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 4 kelas secara acak yaitu kelas eksperimen 1 yang berjumlah 30 orang dan kelas eksperimen 2 yang berjumlah 34 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa adalah tes kemampuan berpikir kreatif yang telah divalidasi dalam bentuk uraian. Dari hasil penelitian yang diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen 1 dengan model pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal dan kelas eksperimen 2 dengan model pembelajaran kooperatif kooperratif tipe Think Pair Share diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 1 sebesar 34,375 dan nilai rata-rata kelas eksperimen 2 sebesar 25,368. Hasil uji t 2 arah dengan dk = 62 dan = 0,05, diperoleh thitung = 2,073 dan ttabel = 1,669 sehingga - ttabel < thitung < ttabel yaitu -1,669<2,073<1,669 maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal dengan model pembelajaran kooperratif tipe Think Pair Share pada materi luas permukaan dan volume kubus dan balok di kelas VIII SMP Swata Imelda Medan T.A 2016/2017.