Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya hubungan yang positif dan signifikan atara motivasi belajar dengan hasil belajar geografi siswa di kelas X SMA Negeri 5 Takengon tahun ajaran 2016/2017. Populasi di dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 5 Takengon yang berjumlah berjumlah 120 siswa dengan sampel 25% dari total populsi, yaitu sebanyak 30 siswa yang diambil secara random sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan menggunakan angket dan studi dokumenter. Adapun instrumen yang digunakan selanjutnya di uji, hasil dari uji instrument tersebut selanjutnya digunakan dalam penelitian. Data yang diperoleh dari hasil penelitian selanjutnya diolah dan dianalisis menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Motivasi belajar berhubungan positif dan signifikan dengan hasil belajar geografi siswa di kelas X SMA Negeri 5 Takengon Tahun Ajaran 2016/2017 dengan koefesien korelasi sebesar 0,585. Selanjutnya harga rxy di interpretasikan dengan rtabel dari taraf signifikan α= 5% dengan jumlah responden (N) sebanyak 30 siswa sehingga diperoleh rtabel= 0,36, sehingga diperoleh nilai t hitung > t tabel (0,585 > 0,361). Adapun indeks hubungan atara kedua variable tergolong sedang karena berkisar pada 0,400 - 0,599 sesuai dengan Suharsimi Arikunto (2006). Kuatnya hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar geografi adalah sebesar 34,22%, sementara 65,78% ditentukan oleh variabel lain di luar variabel motivasi belajar.