HUBUNGAN PENGUASAAN ASPEK KOHESI DAN KOHERENSI DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 LABUHAN DELI TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan penguasaan aspek kohesi dan koherensi dengan kemampuan menulis teks eksposisis oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Labuhan Deli Tahun Pembelajaran 2016/2017. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 305 siswa. Sampel penelitian ini diambil dengan cara random sampling yaitu kelas VIII-4 yang berjumlah 32 siswa. Metode yang digunakan adalah metode penelitian korelasional (ex post facto). Instrument yang digunakan untuk menjaring data adalah tes objektif pilihan berganda serta tes uraian. Dari pengolahan data diperoleh hasil penguasaan kohesi dengan rata-rata 78,90. Hasil penguasaan koherensi dengan rata-rata 78,56. Pada hasil kemampuan menulis teks eksposisi diperoleh rata-rata 79,39. Dari uji normalitas data hasil punguasaan kohesi dan koherensi serta kemampuan menulis teks eksposisi didapat ketiga data berdistribusi normal. Selanjutnya, pada uji linieritas data penelitian tersebut juga dinyatakan linier. Setelah melakukan uji persyaratan, yaitu uji normalitas dan uji linieritas maka dilakukan uji hipotesis. Untuk mengetahui tingkat hubungan variabel X1, X2, dan Y digunakan rumus product moment. Berdasarkan uji hipotesis tersebut, maka hubungan antara penguasaan kohesi dan koherensi dengan kemampuan menulis teks eksposisi diperoleh r = 0,851. Untuk taraf signifikan = 0,05, hasil perhitungan uji t diperoleh nilai thitung > ttabel (8,792 > 1,697) sehingga hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara penguasaan aspek kohesi dan koherensi dengan kemampuan menulis teks eksposisi oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Labuhan Deli Tahun Pembelajaran 2016/2017.