EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI OLEH SISWA KELAS X SMA SWASTA NUSANTARA LABUHAN RUKU TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media gambar berseri terhadap kemampuan menulis teks eksposisi oleh siswa kelas X SMA Swasta Nusantara Labuhan Ruku tahun pembelajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini berjumlah 104 siswa. Dari 104 siswa, ditetapkan 35 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik porposive random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen one-group pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data tes uraian. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji âtâ. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks eksposisi sebelum menggunakan media gambar berseri masuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 61,42, sedangkan kemampuan siswa menulis teks eksposisi sesudah menggunakan media gambar berseri masuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 77,71. Selanjutnya pengujian hipotesis menunjukkan thitung > ttabel yaitu 9,30 > 2,03 pada taraf signifikan = 0,05. Dengan demikian, telah terbukti bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yaitu media pembelajaran gambar berseri sangat efektiv dalam meningkatkan kemampuan menulis teks eksposisi oleh siswa kelas X SMA Swasta Nusantara Labuhan Ruku Tahun Pembelajaran 2016/2017. Hal ini menunjukkan bahwa hasil pembelajaran menulis teks eksposisi sesudah menggunakan media gambar berseri lebih baik dari pada hasil pembelajaran sebelum menggunakan media gambar berseri, proses pembelajaran sesudah menggunakan media