PERAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAI WAHANA PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM MENUMBUHKAN SIKAP TOLERANSI SISWA/I DI SMP NEGERI 1 PARANGINAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pendidikan kewarganegaraan sebagai wahana pendidikan multikultural dalam menumbuhkan sikap toleransi siswa/i. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif, yaitu suatu cara atau metode yang menggambarkan fakta-fakta secara apa adanya dan berdasarkan penelitian di lapangan. Adapun alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi, penyebaran angket dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi SMP Negeri 1 Paranginan yang terdiri dari 20 kelas dengan jumlah siswa 614 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah 60 orang dengan mengambil 10% dari jumlah populasi, dimana setiap kelas diambil 3 orang dengan menggunakan teknik sampel acak (random sampling). Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik sederhana yaitu data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis dengan tabel frekuensi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data mengenai peran pendidikan kewarganegaraan sebagai wahana pendidikan multikultural dalam menumbuhkan sikap toleransi siswa-siswi SMP Negeri 1 Paranginan tergolong baik. Hal ini dilihat dari jawaban responden yang memilih opsi A yang persentasenya 93,6%, maka dapat dikatakan bahwa pendidikan sebagai wahana pendidikan multikultural sudah berperan dengan baik dalam menumbuhkan sikap toleransi siswa-siswi di SMP Negeri 1 Paranginan Tahun Pembelajaran 2016/2017.