Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar strategi pemasaran siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh positif dan signifikan hasil belajar strategi pemasaran yang diajarkan menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching dibanding hasil belajar strategi pemasaran yang diajarkan menggunakan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas X PM SMK NEGERI 1 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMK NEGERI 1 Medan yang beralamat di Jl. Sindoro No.1 Medan. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa 72 orang. Sehingga semua populasi dijadikan sampel. Kelas X-PM 1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 35 orang dan kelas X-PM 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 37 orang. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes pilihan berganda. Teknik analisis data menggunakan nilai rata-rata, varians dan standar deviasi, uji normalitas, uji homogenitas data dan pengujian hipotesis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada kelas ekperimen, rata-rata pre-test sebesar 49,59, standar deviasi = 13,5 dan post-test sebesar 82,02, standar deviasi 10,3, sedangkan pada kelas kontrol, rata-rata pre-test sebesar 53,42, standar deviasi = 11,3 dan post-test sebesar 64,85, standar deviasi = 10,9. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 22,385>1,7 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan hasil belajar strategi pemasaran yang diajarkan menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching dibanding hasil belajar strategi pemasaran yang diajarkan menggunakan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas X PM SMK Negeri 1 Medan Tahun pelajaran 2016/2017.