PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK MOMENTUM DAN IMPULS
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa, untuk mengetahui sikap dan keterampilan siswa, dan untuk mengetahui pengaruh model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) terhadap hasil belajar pada materi Momentun dan Impuls. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester II SMA Negeri 7 Medan yang terdiri dari tujuh kelas. Sampel penelitian diambil dua kelas yaitu kelas MIPA-1(sebagai kelas eksperimen) dan kelas MIPA-4 (sebagai kelas kontrol) yang masing-masing berjumlah 37 dan 39 siswa yang ditentukan dengan teknik Random Sampling. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model Inkuiri Terbimbing dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Dari hasil belajar siswa diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen 79,38 dan kelas kontrol 73,77. Hasil nilai rata-rata sikap disiplin 82,67, jujur 75,33, berpikir kritis 70, tanggung jawab 75,67, dan kerja sama 73. Berdasarkan hasil uji hipotesis thitung > ttabel (2,80 >1,67) maka H0 ditolak dan Ha diterima dengan demikian ada pengaruh yang signifikan penerapan model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional.