PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Al-Fityan Medan T.P. 2016 / 2017. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain two group Pre-test dan Pos-test, Pengambilan sampel dilakukan dengan cara sampling jenuh dengan menjadikan semua populasi sebagai sampel yaitu kelas XMIA-2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 29 orang dan kelas XMIA-1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 27 orang. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan Instrumen berupa Essay test sebanyak 5 soal. Tes hasil belajar di validkan oleh validator 2 orang dosen dan 1 orang guru bidang studi fisika. Lembar penilaian observasi untuk mengukur sikap dan keterampilan. Berdasarkan hasil penelitian di kelas eksperimen diperoleh rata-rata sikap dan keterampilan masing-masing dalam kategori baik sedangkan di kelas kontrol rata-rata persentase perkembangan sikap termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji-t) diperoleh ada pengaruh yang signifikan penerapan model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Al- Fityan Medan T.P. 2016/2017