PENERAPAN VARIASI PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLING BOLA BASKET PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BABALAN TAHUN AJARAN 2017/2018
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat dari penerapan variasi pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar dribbling bola basket pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 babalan Tahun Ajaran 2017/2018 Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil belajar di akhir setiap siklus berbentuk penilaian teknik dribbling. Dengan pelaksanaan penelitian tes hasil belajar ini dilaksanakan selama dua minggu (dua kali pertemuan). Hasil penelitian menyimpulkan : (1) dari hasil pre-test sebelum diberikan tindakan dengan jumlah siswa keseluruhan 42 orang, diperoleh sebanyak 12 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan(28%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 30 orang siswa (72%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata- rata hasil belajar setelah dikonfersikan adalah 58,73 namun belum memenuhi kriteria ketuntasan secara klasikal yang diharapkan yaitu 85%. (2) dari tes hasil belajar siklus I dengan jumlah siswa keseluruhan 42 orang, diperoleh sebanyak 21 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan(50%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 21 orang siswa (50%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata- rata hasil belajar setelah dikonfersikan adalah 69,44 namun belum memenuhi kriteria ketuntasan secara klasikal yang diharapkan yaitu 85%. (3) dari tes hasil belajar siklus II dengan jumlah siswa 42 orang, diperoleh data sebanyak 36 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (85%) yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar dan 6 orang siswa (15%) masih belum tuntas. Dengan nilai rata - rata hasil belajar setelah dikonfersikan adalah 79,56. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan variasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar dribbling bola basket pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Babalan Tahun Ajaran 2017/2018.