PENGARUH COUNTRY OF ORIGIN DAN GARANSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAPTOP ACER (STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN)
Daftar Isi:
- Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh Country of origin dan garansi terhadap keputusan pembelian laptop Acer (studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan). Penelitian dilaksanakan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Sampel penelitian berjumlah 90 responden. Pengambilan sampel menggunakan rumus slovin. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner yang pengukurannya menggunakan skala Likert dan diolah secara statistik menggunakan metode analisis regresi berganda dengan persamaan Y=a+b1X1+b2X2 +e melalui program IBM SPSS Statistics 23. Hasil penelitian menunjukkan variabel Country of origin (X1) dan garansi (X2) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Hal ini terlihat dari Fhitung=14,371 dan Ftabel=2,364, sehingga Fhitung>Ftabel signifikansi 0,000. Besar pengaruh variabel Country of origin dan garansi terhadap keputusan pembelian adalah 58,7% ditunjukkan dengan nilai R2 yaitu 0,587. Sedangkan secara parsial Country of origin memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian dengan thitung>ttabel yaitu 1,484>1,291 signifikansi 0,041<0,1, dan garansi berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan thitung>ttabel yaitu 1,619>1,291 signifikansi 0,037<0,1. Persamaan struktural Y = 25,726 + 0,072 X1 + 0,167 X2. Dengan demikian dapat disimpulkan Country of origin dan garansi mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian laptop Acer (studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan), secara simultan maupun parsial