PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V SD NEGERI 067240 MEDAN TEMBUNG
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran group investigation lebih tinggi dari hasil belajar PKn siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran student team achievement division, (2) Siswa yang memiliki kepercayaan diri tinggi memiliki hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) lebih tinggi dari siswa yang memiliki kepercayaan diri rendah, (3) Interaksi strategi pembelajaran dan kepercayaan diri dalam mempengaruhi hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 067240 Medan Tembung terdiri 2 kelas dengan jumlah siswa 60 orang. Sampel penelitian ini ditetapkan kelas sampel yaitu kelas V-1 = 30 orang untuk mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran Group Investigation dan kelas V-2 = 30 orang untuk mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran STAD. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan total sampling. Instrumen penelitian untuk mengukur hasil belajar digunakan tes bentuk pilihan ganda dengan dan angket untuk kepercayaan diri siswa. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi α = 0,05. Temuan penelitian menunjukkan : (1) Terdapat perbedaan hasil belajar PKn siswa menggunakan strategi GI dengan strategi STAD. Hasil belajar PKn siswa menggunakan strategi pembelajaran GI dengan nilai rata-rata 89,23, sedangkan hasil belajar PKn siswa menggunakan strategi pembelajaran STAD memperoleh nilai rata-rata 83,67, (2) Terdapat perbedaan hasil belajar PKn siswa memiliki kepercayaan diri tinggi dengan memiliki kepercayaan diri rendah. Siswa yang memiliki kepercayaan diri tinggi dengan nilai rata-rata hasil belajar PKn yaitu sebesar 89,55, sedangkan siswa yang memiliki kepercayaan diri rendah memperoleh nilai rata-rata adalah 83,55, (3) Terdapat interaksi strategi pembelajaran dan kepercayaan diri dalam mempengaruhi hasil belajar PKn siswa. Dengan hasil uji Anova AxB diketahui bahwa FBh=7,186 dan F0,05(1,60)= 4,000. Karena 7,186>4,000.