Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan, 2) mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan, 3) mengetahui peningkatan kemandirian belajar siswa yang menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan, dan 4) mengetahui jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan penalaran matematis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development), produk yang dihasilkan adalah rencana pelaksanaan pembelajaran, buku guru, buku siswa, lembar aktivitas siswa, tes kemampuan penalaran matematis dan angket kemandirian belajar. Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis strategi metakognitif menggunakan masalah kontekstual ini menggunakan model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 dan VIII-1 SMP Negeri 4 Sei Suka. Dari hasil uji coba lapangan I dan uji coba lapangan II diperoleh: 1) perangkat pembelajaran yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif, 2) terdapat peningkatan kemampuan penalaran matematis, 3) tidak terdapat peningkatan kemandirian belajar siswa, 4) jenis kesalahan jawaban yang sering dilakukan siswa adalah kesalahan interpretasi bahasa, kesalahan konsep dan kesalahan mengorganisasikan data.