Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model berbasis proyek (project based learning) terhadap kemampuan memproduksi teks negosiasi oleh siswa kelas X SMA Negeri 20 Medan tahun pembelajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini berjumlah 182 siswa. Dari 182 siswa, ditetapkan 36 siswa yang diambil secara acak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one-group pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes kecakapan memproduksi teks negosiasi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan siswa memproduksi teks negosiasi sebelum menggunakan model pembelajaran berbasis proyek masuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 62,5 sedangkan setelah diadakan penerapan model termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 78,05. Selanjutnya pengujian hipotesis menunjukkan thitung > ttabel yaitu 8,93 > 2,03 pada taraf signifikan = 0,05. Dengan demikian, telah terbukti bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yaitu model pembelajaran berbasis proyek (project based learning ) berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan memproduksi teks negosiasi oleh siswa kelas X SMA Negeri 20 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.