Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantu media PhET terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain two group pretest-postest. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 7 Medan yang terdiri dari 7 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 7 kelas secara acak yaitu kelas XI IPA-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing berjumlah 36 siswa.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari (1) tes hasil belajar bentuk essai sebanyak 8 soal yang dinyatakan valid oleh para ahli, (2) lembar observasi aktivitas belajar siswa, (3) uji hipotesis menggunakan uji t α = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 20,02dan kelas kontrol 21,05. Normalitas pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung = 0.0980dan kelas kontrol Lhitung = 0,1265dengan masing-masing Ltabel = 0.1476 sehingga diperoleh Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,62 dan Ftabel = 1,786 sehingga Fhitung< Ftabel , maka kedua sampel berasal dari populasi yang homogen. Nilai rata-rata postes hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 68,05 dan kelas kovensional adalah 57,33. Normalitas pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung = 0.109dan kelas kontrol Lhitung = 0.135dengan masing-masing Ltabel = 0.1476 sehingga diperoleh Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,114 dan Ftabel = 1,789 sehingga Fhitung< Ftabel, maka kedua sampel berasal dari populasi yang homogen. Hasil pengujian hipotesis thitung= 3,28 dan ttabel= 1,668 sehingga diperoleh thitung > ttabel maka ada pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantu media PhET terhadap hasil belajar siswa.