ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 15 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Negeri 15 Medan tahun pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bahasa indonesia kelas X dan siswa kelas X dan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) yang dilakukan guru dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah peneliti sendiri (human instrument). Untuk melihat bagaimana penerapan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) yang dilakukan guru dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi siswa digunakan teknik mencatat dan menganalisis. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) yang dilakukan guru dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi siswa sudah memenuhi 9 langkah model pembelajaran dari 14 langkah model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) dengan persentase 63%. Kemampuan siswa dalam menulis teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur dan ciri kebahasaan berada dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 66,31. Kemampuan siswa menulis teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur berada dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 71,21 dan kemampuan siswa dalam menulis teks laporan hasil observasi berdasarkan ciri kebahasaan berada dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 64,4.