Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan kohesi leksikal pada teks eksposisi siswa kelas X SMK Negeri 2 Medan tahun pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan sumber data yaitu sebanyak 32 teks eksposisi siswa kelas X. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif Kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah peneliti sendiri. Metode Deskriptif kualitatif ini sering disebut non eksperimen, karena pada penelitian ini peneliti tidak melakukan kontrol manipulasi variabel penelitian. Hasil menunjukkan ditemukan Penggunaan kohesi leksikal pada teks eksposisi siswa kelas X SMKN 2 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017 berjumlah 130 yang terdiri dari repetisi, sinonim, antonim, hiponim, kolokasi dan ekuivalensi. Penggunaan kohesi leksikal dalam teks eksposisi siswa kelas X SMKN 2 Medan tahun pembelajaran 2016/2017 terdiri dari repetisi berjumlah 38,46% atau 50 dari 130, sinonim berjumlah 11,54% atau 15 dari 130, antonim berjumlah 10,77% atau 14 dari 130, hiponim berjumlah 2,31% atau 3 dari 130, kolokasi berjumlah 20,77% atau 27 dari 130, dan ekuivalensi berjumlah 16,15% atau 21 dari 130 jumlah keseluruhan penggunaan kohesi leksikal. Penggunaan kohesi leksikal terdiri dari ketepatan penggunaan repetisi 88,41% atau 154 dari 130 jumlah keseluruhan kohesi leksikal dan ketidaktepatan kohesi leksikal terdiri dari repetisi, hiponim, kolokasi dan ekuivalensi dengan jumlah 11,59% atau 19 dari 130 jumlah keseluruhan penggunaan kohesi leksikal. Dari data kualitatif tersebut, ketepatan penggunaan kohesi leksikal pada teks eksposisi siswa kelas X SMKN 2 Medan termasuk dalam kategori Sangat Baik. Penggunaan kohesi leksikal dalam teks eksposisi siswa kelas X SMKN 2 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017 yang paling dominan adalah repetisi (pengulangan) dengan jumlah persentase 38,46% atau 50 dari 130 dan penggunaan kohesi leksikal pada teks eksposisi siswa kelas X SMKN 2 Medan yang paling sedikit digunakan adalah hiponim dengan jumlah persentase 2,31% atau 3 dari 130 penggunaan kohesi leksikal.