Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media video ”Laptop Si Unyil” terhadap kemampuan menulis teks prosedur oleh siswa kelas VII SMP Swasta Marisi Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini berjumlah 65 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling sehingga muncullah sampel VII-2 yang berjumlah 30 orang siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan adalah tes essay. Berdasarkan pengolahan data yang dilakukan, diperoleh hasil kemampuan menulis teks prosedur sebelum menggunakan media video “Laptop Si Unyil” dengan kategori sangat kurang yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata 52,83. Siswa yang mendapat nilai kategori baik sebesar 6,66% sebanyak 2 siswa; nilai kategori cukup sebesar 13,33% sebanyak 4 siswa; nilai kategori kurang sebesar 23,33% sebanyak 7 siswa; dan nilai kategori sangat kurang sebesar 56,66% sebanyak 17 siswa. Sedangkan hasil kemampuan menulis teks prosedur sesudah menggunakan media video “Laptop Si Unyil” dengan kategori baik yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata 79,6. Siswa yang mendapat nilai kategori sangat baik sebesar 33,33% sebanyak 10 siswa; nilai kategori baik sebesar 40% sebanyak 12 siswa; nilai kategori cukup sebesar 26,66% sebanyak 8 siswa. Selanjutnya, dilakukan uji hipotesis dengan thitung (9,56) > ttabel (2,04) pada taraf signifikan