Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan antara model kooperataif tipe Team Games Tournament (TGT) dengan tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar kimia siswa menggunakan Macromedia Flash pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan di kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Medan. Sampel penelitian sebanyak dua kelas, yaitu kelas eksperimen I yang diberi perlakuan dengan model kooperatif tipe TGT dan kelas eksperimen II diberi perlakuan dengan model kooperatif tipe STAD. Penelitian ini menggunakan instrument test yang telah diujicobakan dan telah valid. Data hasil belajar siswa diuji normalitas dan homogenitasnya, hasil yang didapat kedua kelompok sampel homogen dan berdistribusi normal. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t-dua pihak dengan hasil penelitian ini pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05) menunjukkan bahwa thitung > t 1⁄2 α (3,29 > 1,994) maka Ho ditolak. Dengan demikian ada perbedaan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan menggunakan model kooperataif tipe Team Games Tournament (TGT) dengan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan menggunakan model tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Peningkatan hasil belajar siswa dihitung dengan bentuk gain ternormalisasi dan didapatkan persen keberhasilan belajar siswa pada kelas eksperimen I sebesar 75 % dan kelas eksperimen II sebesar 64 %. Distribusi pencapaian nilai afektif pada kelas eksperimen I sebesar 78,82 % dan pada kelas eksperimen II sebesar 75% sedangkan untuk nilai pencapaian psikomotorik pada kelas eksperimen I sebesar 75,35 % dan pada kelas ekperimen II sebesar 71,94 %.