PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI PROFESIONAL DOSEN TERHADAP KREATIVITAS MAHASISWA PENDIDIKAN TATA NIAGA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini rendahnya kreativitas mahasiswa Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik dan pengaruh kompetensi profesional dosen terhadap kreativitas mahasiswa Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Tata Niaga yang berjumlah 78 mahasiswa dan sampel berjumlah 78 mahasiswa yang diambil dengan teknik sampling jenuh, dimana setiap unsur dalam populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan penyebaran angket. Uji validitas dengan menggunakan teknik analisis product moment dan reliabilitas angket menggunakan rumus Cronbach Alpha. Uji Asumsi Klasik menggunakan Uji Normalitas, Uji linearitas, Uji Heterokedastisitas, dan Uji Multikolinearitas. Teknik analisis data menggunakan Regresi Linear Berganda dan pengujian Hipotesis menggunakan Uji Parsial, Uji Simultan dan Uji Koefisien Determinasi. Hasil perhitungan regresi berganda yang dilihat dari output SPSS 20 diperoleh persamaan regresi Y= 20,091 + 0,352 X1 + 0,586 X2 + e. Hasil uji t (parsial) menunjukkan kompetensi pedagogik dosen berpengaruh positif dan signifikan terhadap kreativitas mahasiswa dengan nilai t_hitung > t_tabel yakni 5,887 > 1,665 pada taraf signifikan α 0,000 < 0,05. Dan kompetensi profesional dosen berpengaruh positif dan signifikan terhadap kreativitas mahasiswa dengan nilai t_hitung > t_tabel yakni 9,903 > 1,665 pada taraf signifikan α 0,000 < 0,05. Hasil uji f (simultan) bahwa kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional dosen berpengaruh secara simultan yang memilki pengaruh positif dan signifikan terhadap kreativitas mahasiswa dengan nilai f_hitung> f_tabel yakni 94,999 >3,12 pada taraf signifikan α 0,000 < 0,05. Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 71,7% bahwa perubahan kreativitas mahasiswa dipengaruhi oleh kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional dosen dan sisanya 28,3% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian. Berdasarkan hasil analisis data dan uji statistik serta pembahasan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional dosen terhadap kreativitas mahasiswa pendidikan tata niaga fakultas ekonomi universitas negeri medan.